Melatih Anak Jujur dan Tidak Takut Mengaku Salah

Mom, apa si kecil sempat berbohong pada Anda? Semisalnya, si kecil tidak pingin menyatakan jika dia yang pecahkan cangkir yang paling disayangi Anda serta malah melimpahkan kesalahannya pada adik atau kakaknya. Mengapa ya anak lakukan perbuatan demikian?

Yang memicu anak berbohong
Memahami anak berlaku berbohong cukup bikin orang-tua cemas. Ditambah lagi kalau anak tidak jujur, akan tetapi mengarang narasi berkenaan kesalahannya itu. Soal ini memang merisaukan, akan tetapi kerap dirasakan oleh anak berumur 3-5 tahun. Ada masanya anak belum dapat memperbedakan mana impian serta mana fakta sampai dia menentukan unuk mengarang narasi itu.

Akan tetapi bisa pula anak telah memahami akan efek kesalahannya sampai dia mengarang narasi biar tak dijatuhi hukuman. Ada kemungkinan, dia menghindar dari hukuman sebab takut atau trauma sebab hukuman yang Anda beri dirasakan begitu berat serta mengerikan.

Trik mendidik anak biar ingin berlaku jujur
Kalau si kecil berlaku tidak pingin mengatakan jujur, Anda dapat menyelesaikannya secara tersebut:

1. Jangan terburu-buru berang serta menuduh anak
Saat Anda memahami si kecil berbohong, semestinya jangan terburu-buru berang atau menghukumnya. Kalau Anda langsung menghukumnya, Anda dapat kehilangan peluang buat mengarahkan mereka kenapa berbohong atau mungkin tidak jujur merupakan hal yang salah. Langsung menuduh anak bisa pula membawa dampak anak rasakan terdesak atau disalahkan.

2. Jangan menghukum begitu keras
Menjatuhi hukuman pada anak memang lumrah serta dibutuhkan, akan tetapi jangan menghukumnya begitu keras. Soal ini bisa bikin anak trauma serta malah cakap melatih kebohongannya.

3. Jangan kasih merek “anak senang berbohong”
Saat anak berbohong sekali dihadapan Anda, jangan lekas melabelinya dengan “anak senang berbohong”. Anak terus akan memandang dirinya sendiri pembohong sampai dewasa serta rasakan berbohong merupakan hal yang lumrah dia laksanakan.

4. Kasih peluang ke dua
Kalau anak tertangkap berbohong, maafkan serta peringatkan jangan mengulanginya . Kasih peluang buat menyatakan serta ceritakan kenapa dia berbohong. Anak pula butuh pahami jika tiap-tiap orang dapat lakukan perbuatan salah akan tetapi kekeliruan pula bsia diperbaiki.

5. Puji anak saat dia jujur
Kala anak mengatakan jujur, pujilah dia. Dengan demikian anak akan rasakan dihargai kejujurannya serta dia juga akan suka mengatakan jujur.

About: admin


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *